Bersabar Terhadap Istri Yang Crewet

" كان للشيخ أبي بكر بن اللباد رحمه الله إمرأة سليطة اللسان تؤذيه بلسانها ،

Adalah Syaikh Abu Bakar bin
Al-Libad -rahimahullah- memiliki istri yang buruk lisannya. Ia selalu mengganggu suaminya dengan lisan buruknya.

حتى قالت له يوماً : كلاما بذيئًا .

Hingga ia pernah dalam suatu hari mengucapkan perkataan kotor kepada suaminya.

فقال له أصحابه : طلقها و نحن نؤدي حقَها .

Teman-teman Syaikh menyatakan : Ceraikan saja istrimu itu, kami yang akan menanggung haknya dia.

فقال : أخشى إن طلقتُها أن يبتلى بها مسلم ، و لعل الله دفع عني بمُقاساتها بلاءً عظيماً ،

Syaikh lantas berkata : Aku takut jika aku menceraikannya, maka ada orang Islam lain yang akan tertimpa oleh keburukannya. Semoga Allah menghindarkan aku dari musibah besar karena sebab kesabaranku menghadapi sifat kerasnya.

و لقد حفظتُها في والدها ، فإني خطبتُ إلى جماعةٍ فردّوني ، و زوّجني هو .

Aku telah berjanji pada ayahnya untuk menjaganya. Aku telah melamar banyak wanita tapi gagal, kemudian ayahnya menikahkanku dengan dia.

و كان يفعل معي جميلاً ، أفتكون مكافأته طلاق ابنته "

Dan ayahnya telah berbuat baik kepadaku, apakah pantas aku membalas kebaikannya dengan menceraikan anak wanita nya? .

📚(Tartibul Madarik ; 5/289).

Oleh: Abul Aswad Al Bayaty

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bersabar Terhadap Istri Yang Crewet"

Catat Ulasan