Dua Perkataan Populer Yang Dinisbatkan Kepada Ali bin Abi Thalib dan Ternyata Salah!

Ada dua ungkapan yang sering kita dengar di kalangan aktivis dakwah (harakah) yang berafiliasi kepada sebuah partai.

Pertama, "Kebenaran yang tak terorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir."

Kedua, "Kezhaliman akan terus ada bukan karena banyaknya orang-orang jahat tetapi karena diamnya orang-orang baik."

Mereka menyandarkan dua ucapan tersebut adalah ucapan Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu. Apakah benar demikian? Dari manakah mereka menukil sumbernya? Dari kitab apa mereka mengambilnya? Mereka tidak (belum) mampu mendatangkan bukti bahwa itu ucapan Ali.

1. Ucapan : Kebenaran yang tak terorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir. (الحق بلا نظام يغلبه الباطل بنظام)

- Ucapan ini telah dicari di Jawamiul Kalim (1400 kitab) dan Maktabah Syamilah (6414 kitab), sama sekali tidak diketemukan hasilnya.

- Searching melalui situs google, sebagian besar hanya ada di situs-situs lokal, hampir tidak ada situs-situs berbahasa Arab yang menukilnya.

- Ucapan ini pernah ditanyakan kepada syaikh salim al-hilali, beliau menjawab:

"Perkataan ini tidak shahih dari Ali bin Abi Thalib. Itu hanya dibuat-buat oleh harakiyun (orang-orang pergerakan). Agama kita merupakan agama yang teratur. Seandainya kita mau mempraktekkan agama Islam secara benar sesuai yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta sahabatnya, kita akan merasakan bahwa kita diatur. Adapun bila kita membuat aturan-aturan yang baru, yang kita tegakkan wala’ dan bara’ (loyalitas dan berlepas diri), sekalipun dibangun di atas bai’at-bai’at yang banyak, semua itu bukanlah termasuk agama Islam secuilpun. Kita merupakan umat yang diatur dengan agama Islam. Muhammad bin Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dialah yang membangun pondasinya." (abiubaidah.com/dialog-murid-albani.html)

2. Ucapan : Kezhaliman akan terus ada bukan karena banyaknya orang-orang jahat tetapi karena diamnya orang-orang baik.

Ini sangat sering saya lihat, apalagi menjelang pemilu kemarin. Seolah-oleh mereka mengatakan, "Orang yang tidak ikut pemilu itu hanya bisa diam melihat banyaknya pelaku kezhaliman!"

- Setelah dicari-cari ungkapannya seperti ini : المصيبة ليس في ظلم الأشرار بل في صمت الأخيار (tajrebati.com/index.php/photos/photo?albumid=247&groupid=331&photoid=762).

Kalimat ini bukan diucapkan oleh Ali melainkan Martin Luther King (مارتن لوثر كينغ) seorang pendeta Nashrani.

- Sebagaimana dalam situs Barat : "The greatest tragedy of this period of social transition was not the strident clamor of the bad people, but the appalling silence of the good people." (Martin Luther King, Jr.)

Maka bisa saya simpulkan dua ungkapan di atas bukan ucapan Ali bin Abi Thalib. Bagi mereka yang sering menyebar-nyebarkan dua ungkapan di atas dan bisa membuktikan bahwa itu shahih ucapan Ali, silakan datangkan buktinya.

Allahu a'lam.

Oleh: Akhina Rizky Tulus
Judul: Admin

Postingan terkait: