Mari Sempatkan Untuk 'Bercengkrama' Dengan Alqur'an

Ibnu Qudamah -rohimahulloh- mengatakan: "Makruh bila sampai lebih dari 40 hari belum selesai hatam qur'an".

Alqurthubi -rohimahulloh- mengomentari: "Waktu 40 hari itu adalah waktunya para pemalas dan banyak kesibukan".

Sudah berapa bulan dan waktu '40 hari' lewat namun kita belum mengkhatamkan quran, harusnya hati kita miris jika memikirkan hal ini.

Ingatlah bahwa Alqur'an mengandung banyak keberkahan, maka bergantunglah kepada Alqur'an, Anda akan mendapati keberkahan itu, renungkanlah firman Allah ta'ala:

"Itulah Kitab yang Kami turunkan kepadamu yang penuh dengan KEBERKAHAN agar mereka mentadabburi ayat-ayatnya" [Surat Shod: 29].

Diantara berkahnya Alqur'an, Allah memberikan keberkahan kepada akal pembaca dan penghapalnya.

Abdul Malik bin Umair -rohimahulloh- mengatakan: "Dahulu dikatakan bahwa manusia yang paling tahan -atau paling jernih- akalnya adalah para penghapal Alqur'an".

Alqurthubi -rohimahulloh- mengatakan: "Barangsiapa membaca Alqur'an dia akan dapat terus merasakan nikmat akalnya, meskipun umurnya mencapai 100 tahun".

Diantara berkahnya Alqur'an, Allah akan memudahkan urusan-urusan para pembacanya.

Ibrohim Al-Maqdisi -rohimahulloh- mengatakan: "Perbanyaklah membaca Alqur'an dan jangan kau meninggalkannya, karena hajatmu akan dimudahkan sesuai banyaknya bacaan qur'anmu".

Alqur'an sangat bermanfaat bagi jasmani dan rohani kita.

Ibnu Taimiyyah -rohimahulloh- mengatakan: "Aku tidak melihat sesuatu yang bisa memberi 'makan' untuk akal dan jiwa, dan bisa menjaga jasad serta dapat menjamin kebahagiaan seseorang, melebihi kegiatan melihat (membaca) Kitabullah secara kontinyu".

Dan sebagian ahli tafsir mengatakan: "Kami sibuk dengan Alqur'an, maka keberkahan-keberkahan dan kebaikan-kebaikan menyelimuti kami di dunia ini".

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mari Sempatkan Untuk 'Bercengkrama' Dengan Alqur'an"

Catat Ulasan