Tidak Ada Suatu Nikmat pun Kecuali Datangnya dari Allah


Terkisah ada seorang laki laki yang memiliki istri dan beberapa orang anak, disamping itu dia juga merawat ibunya yang sudah tua. Laki laki ini bekerja sebagai pembantu rumah tangga pada salah seorang kaya di kampungnya dan dia bekerja dengan penuh ketekunan dan kesungguhan...

Suatu hari dia meninggalkan pekerjaannya tanpa ijin kepada majikannya. Majikannya berkata dalam hatinya : saya akan berikan satu dinar sebagai tambahan gajinya, mudah mudahan dia tidak gaib lagi dan lebih bersemangat dalam bekerja karena berharap untuk terus mendapatkan tambahan gaji...

Esok harinya dia tambah gajinya satu dinar tapi laki laki tersebut tidak berbicara sedikitpun dan tidak bertanya kepada majikannya tentang tambahan gajinya !

Di hari yang lain tiba tiba laki laki tersebut gaib kembali dan tidak masuk kerja maka marahlah majikannya dan berkata : aku akan ambil kembali satu dinar yang telah aku tambahkan kepadanya ! Dan benar ! Esoknya dikuranginya gaji pegawainya tersebut namun pegawainya tidak berucap satu katapun juga tidak bertanya kepadanya : kenapa gajinya dikurangi !

Majikannya menjadi heran dengan sikap pegawainya ini,lalu bertanya kepadanya : aku tambah gajimu engkau diam, aku kuranginya juga engkau tidak berkomentar, bagaimana ini ?

Pegawainya kemudian menjawab : ketika pertama kali aku tidak masuk kerja itu karena anakku baru lahir, sehingga saat anda berikan tambahan gaji kepadaku, aku berkata dalam hati : ini rezeki anakku datang bersama kelahirannya...

Adapun ketidak hadiranku yang kedua karena ibuku meninggal, setelah anda kurangi gajiku maka akupun berkata dalam hati : rezekiku pergi bersama dengan kepergian ibuku !

Sungguh mulia seorang hamba yang menerima dengan ridho segala apa yang dianugerahkan Allah kepadanya dan tidak menyandarkan tambahan atau berkurangnya rezekinya kepada seseorang pun !

Ya Allah ! Cukupkanlah untuk kami apa yang halal dari-Mu dan lepaskanlah kami dari ketergantungan kepada selain-Mu !

Oleh: Ustadz Abu Sa'ad

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tidak Ada Suatu Nikmat pun Kecuali Datangnya dari Allah"

Catat Ulasan