Menyusupkan SYIRIK dalam SHOLAWAT = 'Perangkap Setan'

Diantara contohnya adalah kasus dalam pertanyaan berikut ini:
"Sebagian orang ada yang berdoa dg doa yang mereka yakini bisa menyembuhkan dari 'gula', doanya seperti ini:

الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ... يَا سَيِّدِي يَا رَسُولَ الله ... خُذْ بِيَدِي، قَلَّتْ حِيلَتِي فَأَدْرِكْنِي

(SHOLAWAT dan SALAM atasmu ... wahai Junjunganku Rosululloh ... peganglah tanganku, tinggal sedikit upayaku, maka SELAMATKANLAH aku!) ...

Apakah dibolehkan mengulang-ulang doa ini, dan apakah dia memiliki manfaat seperti yg mereka dakwakan?"

---------
Jawaban dari Syeikh Sholeh Fauzan -hafizhohulloh-:
"Doa ini termasuk SYIRIK AKBAR, karena itu adalah doa (permohonan) kepada Nabi -shollallohu alaihi wasallam-, dan permintaan kepada Rosul -shollallohu alaihi wasallam- agar bahaya dan penyakit dihilangkan, padahal ini tidak dimampui kecuali Allah subhanahu wata'ala, sehingga memintanya kepada selain Allah adalah syirik akbar ...

Semua ini termasuk syirik besar dan dosa yang tidak akan diampuni kecuali dengan bertaubat kepada Allah -subhanahu wata'ala- darinya dan menekuni tauhid dan akidah Islam.

Jadi itu merupakan 'doa syirik' yang tidak boleh dilafalkan, dijadikan doa, dan dipakai oleh seorang muslim. Serta wajib bagi seorang muslim untuk melarangnya dan memperingatkan orang lain darinya.

Adapun doa-doa yang disyariatkan untuk dibacakan kepada orang sakit, maka ada doa-doa yang sahih dan dikenal, bisa dirujuk di kitab-kitab sahih dalam Islam yang menerangkannya, seperti: Sahih Bukhori, Sahih Muslim.

Begitu pula bacaan Qur'an, bisa digunakan untuk orang yang sakit gula dan yang lainnya, terutama bacaan Surat Alfatihah untuk orang sakit, inilah yang di dalamnya ada obat, ada pahala, ada banyak kebaikan, dan Allah subhanahu wata'ala telah mencukupkan kita dengannya dari perkara-perkara kesyirikan".

[Fatawa Sy. Sholeh Fauzan 1/30-31].

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menyusupkan SYIRIK dalam SHOLAWAT = 'Perangkap Setan'"

Catat Ulasan