IMAM AHMAD -rohimahulloh- Menjawab Syubhat Kelompok Jahmiyyah Tentang Tiga Ayat Alqur'an

"Sungguh satu hari di sisi Tuhanmu itu seperti 1000 tahun menurut perhitungan kalian". [Al-Hajj: 47].

"Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian dia naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadar lamanya 1000 tahun menurut perhitungan kalian". [Assajdah: 5].

"Para malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Allah dalam sehari yang kadar lamanya 50.000 tahun". [Alma'arij: 4].

---------
Imam Ahmad -rohimahulloh- mengatakan yang intinya:
Adapun ayat pertama, maka itu adalah bagian dari hari-hari ketika Allah menciptakan langit-langit dan bumi, Dia menciptakannya dalam 6 hari, kadar lama setiap harinya 1000 tahun.

Adapun ayat kedua, maka itu adalah tentang MALAIKAT JIBRIL, dahulu dia turun kepada Nabi -shollallohu alaihi wasallam- dan naik ke langit lagi dalam sehari yang kadar lamanya 1000 tahun. Hal itu dikarenakan dari langit ke bumi itu sama dengan perjalanan 500 tahun, sehingga turunnya 500 tahun, dan naiknya 500 tahun, maka jadilah 1000 tahun.

Adapun ayat ketiga, maka itu adalah tentang hisab pada hari kiamat, maksudnya: seandainya yang menghisab (amal) para makhluk itu selain Allah, maka dia tidak akan dapat menyelesaikannya dalam sehari yang kadar lamanya 50.000 tahun.

Dan Allah bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu SETENGAH HARI dari hari dunia, jika Dia mulai menghisab (amal) para makhluknya. Itulah maksud firman Allah ta'ala: "Cukuplah Kami sebagai penghisab". [Al-Anbiya': 47], yakni karena cepatnya hisab tersebut.

[Kitab: Arroddu Alaz Zanadiqoh Wal Jahmiyyah, Imam Ahmad bin Hanbal, hal: 182].

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "IMAM AHMAD -rohimahulloh- Menjawab Syubhat Kelompok Jahmiyyah Tentang Tiga Ayat Alqur'an"

Catat Ulasan