Ayat Yang Sangat Indah dan Halus dalam Menjelaskan HARUSNYA Kita Meninggalkan SEMUA Bid'ah dalam Agama

Allah ta'ala berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ

"Katakanlah (wahai Muhammad kpd umatmu): Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa kalian". [QS. Alu Imron: 31].

Renungkanlah kandungan ayat ini:
1. Ayat ini berkenaan tentang cinta kepada Allah, yang harusnya menjadi derajat cinta paling tinggi di hati kaum mukminin. [QS. Albaqoroh: 165].

Itu saja dalam mengejewantahkannya harus mengikuti Nabi -shollallohu alaihi wasallam-, apalagi bila cinta itu kepada makhluk-Nya.

Sehingga dalam mencintai Nabi -shollallohu alaihi wasallam- kita LEBIH wajib mengikuti cara dan tuntunan beliau, begitu pula dalam mecintai keluarga beliau, ka'bah, Alquran, dst...

2. Ayat ini memerintahkan kita untuk mengikuti Nabi -shollallohu alaihi wasallam- SAJA dalam mengejewantahkan cinta kita kepada Allah.

Sehingga kita tidak boleh mencintai Allah dengan cara para NABI selain beliau, apalagi cara para ulama, apalagi cara kita sendiri, jika cara-cara tersebut tidak sesuai dengan yang disyariatkan oleh Nabi -shollallohu alaihi wasallam-.

3. Ayat ini menjelaskan bahwa Allah akan mencintai kita jika kita mengikuti Nabi -shollallohu alaihi wasallam- dalam mengejewantahkan cinta kita kepada-Nya.

Maka sebaliknya Allah akan menjadi MURKA, bila kita mengejewantahkan cinta tersebut denga mengikuti tuntunan dari selain beliau.

----------
Semoga Allah memberikan TAUFIQ kepada kita, sehingga kita dapat mencintai Dia, Nabi, para ulama, dan yang lainnya, sebagaimana dituntunkan oleh Nabi -shollallohu alaihi wasallam-.

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ayat Yang Sangat Indah dan Halus dalam Menjelaskan HARUSNYA Kita Meninggalkan SEMUA Bid'ah dalam Agama"

Catat Ulasan