Antara Syaikh Muhammad Umar Bazmul & Syaikh Abdurrazaq Al Badr serta Jum'iyyah Ihyatut Turats

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله،
أما بعد:
فقد بلغني أن بعض الإخوة يحذرون من الشيخ عبدالرزاق البدر سلمه الله، وسئلت عن ذلك فأقول:
- الشيخ عبدالرزاق البدر لا اأكيه على الله، ولا يحتاج هو إلى تزكيتي ، ولكني رأيت أن أذكر ما أعلمه.
- سافرت مع الشيخ عبدالرزاق في رحلة علمية وقد لمست علمه وحبه للسنة والخير، ولم أعلم عنه إلا موافقة أهل السنة ولزوم منهج السلف.
- وقد سألته في هذه السفرة وفقه الله عن تعاونه مع جمعية إحياء التراث وما يثيره من شبه وإشكالات عند الشباب السلفي فقال لي ما معناه:
الجماعة يطلبون مني محاضرات ويستجيبون لشروطي فأتكلم فيما أختاره ولا يتحكمون بي في شيء . والعلم يبث وينشر عند كل من يريده. ولم يحصل منهم شيء معي يستوجب البعد عنهم. بل إلقائي لهذه الدروس عساه ينفع في نشر السنة وبيان الحق .. أو كلاما هذا معناه سلمه الله.
- والرجل صاحب سنة وصاحب دين وخير وصاحب علم أسأل الله له التوفيق.
ولو أن الاخوة الذين يحذرون منه يرجعون إليه ويسألونه بأدب عن وجهة نظره لكان هذا خيرا إن شاء الله.
وصل اللهم على محمد وعلى آله وصحبه وسلم.
كتبه
محمد بن عمر بن سالم بازمول
مكة المكرمة في 18/ 6 / 1436 هجرية
يوم الثلاثاء 7 / 4 / 2015 م

Segala puji bagi Allah shalawat serta salam atas rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Aku telah mengetahui bahwa sebagian ikhwan mentahdzir Syaikh Abdurrazaq Al Badr –semoga Allah menyelamatkan beliau- kemudian aku ditanya tentang permasalahan tersebut, maka aku katakan :

Syaikh Abdurrazaq Al Badr aku tidak mensucikannya atas Allah dan beliau memang tidak membutuhkan tazkiyyah-ku. Akan tetapi aku akan menyebutkan apa yang aku ketahui tentang diri beliau. Aku telah bersafar bersama Syaikh Abdurrazaq Al Badr dan aku telah merasakan ilmu dari beliau, serta kecintaan beliau terhadap sunnah dan kebaikan.

Dan aku tidak mengetahui dari diri beliau melainkan kesesuaian terhadap ahlis sunnah dan keteguhan berpegang pada manhaj salaf. Dan aku telah bertanya kepada beliau pada kesempatan safar kali ini tentang kerja sama beliau dengan Jum’iyyah Ihyaut Turats, dan syubhat serta kemusykilan yang beredar di kalangan para pemuda salafy.

Lantas beliau berkata kepadaku dengan perkataan yang maknanya : Jum’iyyah Ihyaut Turats meminta dariku untuk memberikan muhadharah/ceramah, dan mereka menyanggupi syarat yang aku ajukan. Dan akupun berbicara sekehendak hatiku tanpa ada intervensi atasku sama sekali. Dan ilmu itu disebarkan dan ditularkan kepada siapa saja yang menginginkannya.

Tidak ada sesuatupun dari mereka yang mengharuskan kita menjauh dari mereka. Bahkan ceramah yang aku sampaikan kuharapkan bisa memberi manfaat demi tersebarnya sunnah dan penjelasan terhadap kebenaran. (Atau perkataan beliau yang seperti ini maknanya-Syaikh Muhammad Bazmul).

Syaikh Abdurrazaq Al Badr adalah seorang ahlis sunnah, religious, suka terhadap kebaikan dan agama dan beliau seorang pemilik ilmu –aku berharap bagi beliau taufiq-.

Seandainya ikhwah yang mentahdzir beliau menghadap beliau dan bertanya pada beliau dengan penuh adab akan alasan beliau niscaya ini adalah kebaikan insya’Allah.

Shalawat dan sallam bagi nabi kita Muhammad keluarga dan para sahabatnya.

Ditulis oleh Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul.
Mekah Al Mukarramah, 18-06-1436H/Selasa, 7 April 2015M

Dialih bahasakan oleh abul aswad al bayaty

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Antara Syaikh Muhammad Umar Bazmul & Syaikh Abdurrazaq Al Badr serta Jum'iyyah Ihyatut Turats"

Catat Ulasan