Tentang Menghias Bacaan Alqur'an

Nabi -shollallohu alahi wasallam- telah menganjurkan:

"Hiasilah Alqur'an dengan suara-suara kalian, karena suara yang indah akan menambah keindahan Alqur'an" [Lihat Silsihah Shohihah: 771].

Tapi yang perlu digaris-bawahi; bahwa menghias bacaan Alqur'an adalah dengan suara yang indah, disertai dengan irama yang ALAMI dan mengalir... bukan dengan suara dan nada yang dibuat-buat dan dipaksakan, sehingga malah memudarkan indahnya Kalamullah dan merendahkan kedudukannya, wallohul mustaan.

Perlu diingat pula, bahwa tujuan menghias bacaan Alqur'an adalah agar pembaca dan pendengarnya bisa lebih menikmati dan menghayati bacaan tersebut dengan lebih khusyu'... sehingga apabila bacaannya malah menjauhkan pembaca dan pendengar dari tujuan ini, tentu ini kesalahan yang harusnya dijauhi dan ditinggalkan.

Imam Ibnu Katsir -rohimahulloh-, seorang pakar tafsir abad 8 H, sejak dahulu sudah mengingatkan hal ini, beliau mengatakan:

"Yang diinginkan oleh syariat adalah mengindahkan suara bacaan, yang dapat membawa seseorang untuk merenungi dan menghayati Alqur'an, menjadikannya khusyu', tunduk, dan semangat dalam ketaatan.

Adapun suara bacaan dengan nada-nada baru yang disusun dari ritme yang melalaikan dan aturan musik, maka Alqur'an harusnya disucikan dari hal ini,

Alqur'an yang agung dan mulia, tidak pantas dilantunkan dengan cara seperti ini. Dan telah datang Sunnah Nabi yang memperingatkan manusia dari hal itu".

[Fadho'il Qur'an, Ibnu Katsir, hal: 98].

-------

Ingatlah bahwa Alqur'an adalah Firman Allah, dan Allah telah berjanji untuk menjaganya, sehingga Alqur'an pasti akan tetap terjaga, baik kemurnian maupun kemuliaannya... Barangsiapa merendahkannya, tentu Allah tidak akan membiarkannya.

Karena itu, harusnya kita TAKUT kepada Allah dalam memperlakukan Alqur'an ini... Jika kaum muslimin tidak mampu memberi hukuman, maka Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu. wallohu a'lam.

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tentang Menghias Bacaan Alqur'an"

Catat Ulasan