Bojo Ayu Abot Sanggane

Ada beberapa orang yang ber SMS ke saya: ust, adakah akhwat yang berumur belasan (17-19), cantik jelita, pandai masak, lembut, penyayang, hafal al qur'an, suaranya merdu, berbadan sedang, alias tidak gendut dan tidak kurus, siap hidup sederhana.

Kira kira demikian rangkuman beberapa SMS yang sampai ke saya.

Baca sms sms tersebut, Saya jadi teringat tulisan yang melekat di kaca mini bus jurusan Salatiga Magelang via kopeng sekitar 20 tahun silam: "BOJO AYU ABOT SANGGANE" (istri cantik berat tanggung jawabnya).

Memang bermimpi atau bercita cita adalah hak setiap orang, namun tentunya cita cita yang tanpa perjuangan dan pengorbanan sama saja bermimpi di siang bolong.

Apalagi, kita juga menyadari bahwa di sisi lain, para akhwat juga bebas melukiskan cita cita dan impian mereka: adakah ikhwan yang tampan, masih muda, penyayang, berkantong tebal, ilmu agamanya luas, bebas dari penyakit menular atau kronis & kalau tidur tidak brisik alias tidak ngorok.

Nah, kalau sudah gini bagaimana coba solusinya? Betapa banyak dari orang orang yang bermimpi akhirnya harus menyerah dan berkata: yaah, daripada tidak sama sekali, lebih baik seadanya saja, alias pasrah.

Saudaraku! Ingatlah kembali bahwa kunci kebahagian dalam rumah tangga adalah kesolehan dan bukan kesalahan, atau kecantikan/ ketampanan atau kemewahan. Demikianlah pesan Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

فاظفر بذات الدين تربت يداك

Pilihlah wanita beragama (sholihah) niscaya engkau beruntung. (Muslim)

Oleh: Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bojo Ayu Abot Sanggane"

Catat Ulasan