Semua Yang Berharga Susah Untuk Didapatkan

صيد الخاطر (ص: 266)
تأملت عجبا و هو أن كل شيء نفيس خطير يطول طريقه و يكثر التعب في تحصيله

“Setelah lama merenung dengan penuh keheranan berkesimpulan bahwa segala sesuatu yang berharga dan bernilai jalan untuk mendapatkannya berliku dan harus susah payah untuk mendapatkannya.

فإن العلم لما كان أشرف الأشياء لم يحصل إلا بالتعب و السهر و التكرار و هجر اللذات و الراحة حتى قال بعض الفقهاء : بقيت سنين أشتهي الهريسة لا أقدر لأن وقت بيعها وقت سماع الدرس

Karena ilmu agama adalah sesuatu yang sangat berharga maka kiat untuk mendapatkannya adalah dengan susah payah, rajin mengulang-ulang pelajaran dan terhalang untuk mendapatkannya kenikmatan dan kenyamanan. Ada seorang ulama fikih yang mengatakan, “Bertahun-tahun aku ingin makan bubur namun keinginan itu tidak bisa diwujudkan karena penjual bubur itu berjualan dengan jadwal mengikuti pengajian”.

و نحو هذا تحصيل المال فإنه يحتاج إلى المخاطرات و الأسفار و التعب الكثير

Semisal itu pula upaya untuk mendapatkan kekayaan. Agar bisa hidup kaya orang harus bertarung dengan resiko, melakukan perjalanan yang melelahkan dan secara umum harus bersusah payah” [Shaid al Khathir Ibnul Jauzi hlm 266]

Wanita shalihah adalah sesuatu yang sangat berharga dan langka terutama di zaman ini oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang harus bersusah payah untuk mendapatkannya.

Oleh: Ustadz Aris Munandar

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Semua Yang Berharga Susah Untuk Didapatkan"

Catat Ulasan