Riya', Ujub, dan senang pujian = Perusak Pahala Amalan !!!

Sufyan Ats-Tsauri -rohimahulloh- mengatakan:
"Waspadalah terhadap perkara yang dapat MERUSAK amalanmu, maka sungguh yang dapat merusak amalanmu adalah RIYA.

Jika bukan riya, maka rasa 'UJUB' (kagum) terhadap diri sendiri, hingga kamu merasa bahwa kamu lebih baik dari saudaramu, padahal bisa jadi kamu tidak bisa melakukan amal yang bisa dilakukan olehnya, dan mungkin saja dia lebih waro' (takut) terhadap hal-hal yg diharamkan Allah dan lebih murni amalannya daripada kamu.

Jika kamu tidak 'ujub' terhadap dirimu sendiri, maka waspadalah jangan sampai kamu menyenangi 'PUJIAN MANUSIA'. Dan (senang) 'pujian manusia' adalah bila kamu senang ketika mereka memuliakanmu karena amalanmu, dan (kamu senang) ketika mereka melihatmu punya kemuliaan dan kedudukan di hati mereka, atau (kamu senang) hajat yang bisa kamu minta dari mereka dalam banyak urusan, padahal kamu mengaku mengharapkan pahala akhirat dari amalanmu itu, tidak menginginkan dari amalanmu itu pahala selainnya.

[Hilyatul Aulia: 6/391].

--------
Ana hanya bisa katakan: Allahul musta'an tentang keadaan diriku sendiri… Semoga Allah menjaga hati kita semua dari 3 sifat di atas… Sungguh Dia Maha Penyayang dan Maha Mendengar doa hambaNya.

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Riya', Ujub, dan senang pujian = Perusak Pahala Amalan !!!"

Catat Ulasan