MATI, Tapi Sebagai PEMENANG

Syeikhul Islam -rohimahulloh- mengatakan, setelah beliau menyebutkan firman Allah ta'ala:

وَلَقَدْ سَبَقَتْ كَلِمَتُنَا لِعِبَادِنَا الْمُرْسَلِينَ * إِنَّهُمْ لَهُمُ الْمَنْصُورُونَ

"Telah berlaku ketetapan Kami untuk para hamba Kami yg menjadi rasul, bahwa sungguh mereka benar-benar golongan yang dimenangkan". [QS. Ash-Shoffat: 172-173]

Sebagian orang tidak bisa memahami ayat ini dan mengatakan: "Sebagian dari mereka telah dibunuh, bagaimana mereka dikatakan menang?!"

Maka jawabannya:
Terbunuhnya seseorang apabila dengannya Agama dan pengikutnya menjadi mulia, maka itu merupakan penyempurna kemenangan.

Karena kematian adalah suatu keniscayaan, sehingga bila seseorang mati tapi dengannya dia menjadi bahagia di akherat, maka ini adalah PUNCAK kemenangan.

Sebagaimana keadaan Nabi kita -shollallohu alaihi wasallam-, banyak dari sahabatnya yang mati syahid dan mereka menuju kepada kemuliaan yang paling agung, sedang sahabatnya yang masih hidup menjadi mulia dan menang...

Jadi orang yang dibunuh seperti ini, terbunuhnya dia akan menjadi penyempurna kemenangannya dan kemenangan para pengikutnya.

Dan termasuk dalam bab ini; hadits riwayat muslim yang menjelaskan tentang seorang ghulam (anak kecil lelaki) yang mengikuti agamanya seorang rahib dan meninggalkan agamanya tukang sihir, lalu mereka ingin membunuhnya berkali-kali tapi mereka tidak mampu, sehingga ghulam itu mengajari mereka bagaimana membunuh dirinya, dan ketika dia terbunuh, BERIMANLAH seluruh manusia, sehingga ini merupakan kemenangan utk agamanya.

Oleh karenanya, ketika Umar bin Khottob dibunuh di tengah-tengah kaum muslimin sebagai syahid; dibunuh pula pembunuhnya.

Begitu pula ketika Utsman dibunuh sebagai syahid; dibunuh pula para pembunuhnya dan golongannya menjadi menang.

Begitu pula ketika Ali dibunuh oleh kelompok khowarij dengan menghalalkan darahnya; mereka termasuk orang yang diperintahkan Allah dan Rosulnya utk dibunuh, dan mereka (setelah itu) selalu dikalahkan oleh golongan Ahlussunnah Waljama'ah, dan hal tersebut tidaklah menghalangi kemuliaan Islam dan pemeluknya.

Apalagi para nabi yang dahulu dibunuh itu telah dibalaskan oleh Allah, sampai ada yang mengatakan dari darahnya (Nabi) Yahya bin Zakariya ada sebanyak 70 ribu orang yang terbunuh karenanya.

[Almasa'il wal Ajwibah, hal: 218-219].

---------
Kesimpulannya: bahwa para pembela Agama Allah dan Sunnah Nabi-Nya akan menjadi pemenang, apapun keadaannya.

Dan kemenangan tersebut bisa dilihat dari 3 sisi:
1. Agama yang diperjuangkannya akan selalu dijaga dan dimenangkan oleh Allah azza wajall.
2. Bila dia terbunuh karena membela Agama Allah, maka dia menjadi syuhada', dan tentunya ini jauh lebih baik daripada keadaan musuhnya, yang nantinya juga pasti mati walaupun dengan cara biasa.
3. Allah akan membalaskan kejahatan musuhnya dengan cara-Nya sendiri, dan itu bukanlah hal yang sulit bagi-Nya. Wallohu a'lam.

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MATI, Tapi Sebagai PEMENANG"

Catat Ulasan