Antara Anak Singa dan Serigala

Sobat, semoa orang pasti mengetahui bahwa singa pastilah lebih kuat dibanding serigala. Namun demikian semasa singa baru saja terlahir dari induknya pastilah tidak berdaya bila harus menghadapi serigala dewasa. Enam anak singa yang masih lemah tidak akan berdaya menghadapi seekor serigala dewasa yang buas nan kelaparan. Karena itu tidak bijak bila anak singa mengandalkan NAMA BESARNYA sebagai SINGA, sehingga BONEK ( bondo nekad ) ingin memangsa serigala dewasa yang sedang kelaparan, apalagi serigala berjumlah 2 atau lebih.

Dalam kondisi seperti ini, anak singa harus bersabar dan bersembunyi SESAAT dari penglihatan serigala, agar esok hari setelah dewasa dapat keluar dan dengan mudah memangsa serigala.

Anak singa yang hidup di hutan belantara secara naluri dapat menghitung kekuatan diri dan musuhnya, sehingga ia dapat mempertahankan hidupnya. Namun demikian, betapa mengherankan bila banyak dari manusia walau memiliki akal pikiran sering kali kurang mampu menimbang kekuatan diri dan lawannya. Banyak manusia yang hanya mengedepankan rasa lapar dan emosinya.

Betapa indahnya petuah imam Syafii rahimahullah:

من اراد الدنيا فعليه بالعلم ومن اراد الاخرة فعليه بالعلم

Barang siapa yang menghendaki sukses dalam kehidupan dunia maka hendaknya ia berbekalkan dengan ilmu dan barang siapa menghendaki sukses dalam kehidupan akhirat maka hendaknya ia juga berbekalkan dengan ilmu.

Oleh: Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Antara Anak Singa dan Serigala"

Catat Ulasan