Belajar BERSABAR Bersama Syeikhul Islam (Bag.13-16)

Selanjutnya yang bisa membantu orang untuk bersabar dan memaafkan orang lain adalah dengan memahami hal-hal berikut ini:

13. Dengan bersabar, orang yang mengganggu dan menyakitinya akan menyesal dengan tindakan buruknya kepada kita... bahkan dia akan malu terhadap kita, dan menjadi pembela kita... tidak hanya itu, bahkan orang-orang akan banyak mencelanya dan membela kita yang diganggu.

14. Bisa jadi dengan balas dendam itu, lawannya akan semakin menjadi-jadi, dan mafsadahnya akan semakin besar... berbeda bila dia bersabar, kemungkinan besar dia akan aman, dan lebih ringan mudhorot yang diterima olehnya.

Tentunya orang yang berakal akan memilih mudhorot yang lebih kecil untuk selamat dari mudharat yang lebih besar.

15. Orang yang terbiasa membalas dan tidak sabar, dia pasti akan terjatuh dalam kezaliman dan melampui batas kezaliman yang dia terima... karena biasanya kemarahan yang memuncak akan menjadikan seseorang tidak memikirkan lagi apa yang dia katakan dan lakukan.

Sehingga keadaan dia yang asalnya sebagai hamba yang menunggu pertolongan Allah karena dizalimi... berubah menjadi orang yang menunggu hukuman dan kemarahan Allah karena kezalimannya.

16. Bahwa kezaliman yang diterimanya akan menjadi sebab penghapus dosa dan pengangkat derajatnya... bila dia membalas dendam dan tidak bersabar, kezaliman itu tidak menjadi penghapus dosanya, dan tidak akan menjadi pengangkat derajat bagi dia.

Oleh: Oleh: Ustadz Musyaffa Ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar BERSABAR Bersama Syeikhul Islam (Bag.13-16)"

Catat Ulasan