Awas, Jangan Berdusta Saat Bersumpah dengan Nama Allah, Karena Allah Akan Menjadi Musuhmu

Syeikh Athiyyah Salim -rohimahulloh- mengatakan:
"Jadi arti sebuah sumpah (dalam kontek ini) adalah: menjadikan Allah -subhanah- sebagai saksi untuk menolak tuduhan, bila dia jujur maka Alhamdulillah, namun bila dia dusta, maka Allah-lah yang akan menjadi lawannya.

Oleh karena itu, bila kamu memperhatikan keadaan manusia, dan meneliti orang-orang yang bersumpah DUSTA dengan nama Allah -dan inilah sumpah yang menjerumuskan orangnya ke dalam neraka-, kamu akan dapati Allah (biasa) MENYEGERAKAN hukuman bagi mereka di dunia, dan mungkin banyak orang yang mendengar kisah-kisah dalam hal ini, dan perkara (hukuman) tersebut tidak hanya terbatas pada (hukuman) hari kiamat saja".

Beliau juga memberikan faedah berharga, ketika mengatakan:
"Dari sini kita tahu makna sebuah hadits shohih: "Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah, maka dia telah jatuh dalam kesyirikan", apa hubungan antara syirik dengan sumpah dengan selain nama Allah?

Karena ketika kamu bersumpah dengan selain Allah, seakan kamu memberikan kepada selain Allah; sebagian sifat Allah.

Ketika kamu bersumpah dengan nabi, atau malaikat, atau orang saleh, atau siapapun, seakan kamu memberikan orang yang kau jadikan sumpah itu; sifat maha tahu, sifat maha melihat, dan kemampuan untuk membalas, padahal ini tidak ada melainkan pada Allah".

[Kitab: Syarah Arba'in Nawawi, Syarah Hadits: 33]

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Awas, Jangan Berdusta Saat Bersumpah dengan Nama Allah, Karena Allah Akan Menjadi Musuhmu"

Catat Ulasan