Menuju Kebangkitan Umat Islam

1. Alquran diturunkan dalam kurun waktu 23 tahun… dan fokus utama ada pada fase 'makkiyah' ada pada pembangunan akidah, pola pikir, dan jiwa yang Islami secara umum… sedang fokus utama pada fase 'madaniyah' ada pada pembangunan syariat dan hukum.

Dan ini merupakan pelajaran yang berharga bagi kita semua, bahwa kebangkitan Islam berdiri di atas dua pilar agung; individu seorang muslim dan potensi yang disumbangkannya… atau dalam istilah sosiologi; bangunan dan manfaatnya.

Islam akan bangkit bila para individunya dibangun di atas landasan; imtak yang kuat dengan iptek yang mumpuni, dan dia mau memberikan sumbangsih kepada Islam dan Kaum Muslimin.

Adanya iptek bila tidak disumbangkan kepada Islam akan menjadi percuma… Sebaliknya, setinggi apapun jiwa sumbangsih untuk Islam, tapi tanpa iptek, maka akan sangat lemah pengaruhnya bagi Islam dan Kaum Muslimin.

2. Umat Islam bisa diumpamakan seperti danau kecil yang diisi dengan jutaan tetes air bunga, setiap tetes air bunga itu bisa mempengaruhi tingginya level air di danau itu. Begitu pula Umat Islam, setiap individu dan potensinya akan mempengaruhi tingginya kekuatan mereka.

Oleh karenanya, bila Anda ingin Umat Islam bangkit dan kuat, maka fokuslah untuk membangun diri Anda sendiri, jangan banyak mengharapkan dari orang lain.

3. Di zaman ini, kita dituntut untuk memegang 3 kunci kekuatan dunia; (a) sistem dan pengelolaan. (b) Uang dan perekonomian. (c) Media dan pemberitaan.

[Faedah dari Prof. Dr. Abdul Karim Bakkar].

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menuju Kebangkitan Umat Islam"

Catat Ulasan