Hikmah Ilahiyyah dalam Satu Huruf Alquran

Berikut ini ada 2 kalimat berbeda
1. Ittakhadza Ahmad baitan
Ahmad membangun rumah

اتخذ أحمد بيتا

2. Ittakhadzat Fatimah baitan
Fatimah membangun rumah

اتخذت فاطمة بيتا

Pada Fatimah menggunakan ittakhadzat (اتخذت karena ada tambahan ta' atta'nits ت. Penggunaan ta' att'nits ini berlaku pada wanita/betina dan hal-hal yang berhubungan dengan hal-hal kewanitaan/feminim/betina. Ta' atta'nits tidak diletakkan pada kata kerja yang berhubungan dengan kelelakian.

Atas dasar prinsip linguistik ini, orang kafir mencela dan mendustakan al-Qur'an. Mereka mengungkapkan bhw banyak ayat menyelisihi kaidah bahasa.

Sebagai contoh ayat berikut

ﻣَﺜَﻞُ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺍﺗَّﺨَﺬُﻭﺍ ﻣِﻦْ ﺩُﻭﻥِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﻭْﻟِﻴَﺎﺀَ ﻛَﻤَﺜَﻞِ ﺍﻟْﻌَﻨْﻜَﺒُﻮﺕِ ﺍﺗَّﺨَﺬَﺕْ ﺑَﻴْﺘًﺎ

"Perumpaan orang-orang yang menjadikan selain Allah sebagai wali ibarat laba-laba yang membangun rumah/sarang." (QS al-Ankabut: 41)

Kata al-an-kabut adalah laba-laba jantan namun Allah meletakkan ta' atta'nits pada kata kerjanya yaitu ittakhadzat اتخذت

Kenapa begitu?
Bukankah itu keliru?
Bagaimana bisa sebuah kitab suci mengandung cacat linguistik dan pilihan huruf?

Dari penelitian ilmiah terungkap bahwa laba-laba betinalah yang bertugas membuat dan membangun jaringnya. Laba-laba jantan tak bisa melakukan ini dan hanya keluar dan bergerak di jaringnya.
"Laba-laba betina yang bertugas memintal jaring" kata Dr. Ilyas Zuhair.

Segala puji bagi Allah. Satu huruf adalah mukjizat. Alquran akan menambah keimanan dan ketundukan bagi dia yang beriman dan kedurhakaan bagi mereka yang kafir.

Oleh: Fachriy Aboe Syazwiena

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hikmah Ilahiyyah dalam Satu Huruf Alquran"

Catat Ulasan