Pegangan Hidup

Imam Hasan Al Bashry beliau ditanya seseorang : apa yang menjadi sebab anda memilih hidup zuhud di dunia...?

Maka beliau menjawab : sebabnya ada 4 perkara...

1) aku yakin rezekiku tidak ada seorangpun yang akan merampasnya sehingga hatiku merasa tenang...

2) aku tahu tidak ada seorangpun yang akan mengerjakan amalku maka aku sibuk sendirian mengerjakannya...

3) aku yakin Allah selalu mengawasi diriku maka aku merasa malu hendak berbuat maksiat kepada- Nya...

4) aku tahu kematian selalu menungguku maka aku sibukkan diriku dengan menyiapkan bekal untuk bertemu dengan Robb-ku...

Catatan : seorang yang cerdas adalah orang yang selalu menghisab dirinya sebelum datangnya yaumul hisab dan menyiapkan bekal untuk kehidupan setelah kematiannya...

Oleh: Ustadz Muh Nurhuda

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pegangan Hidup"

Catat Ulasan