Dangkel Telo & Gelas Koco ( Batang Singkong & Gelas Koco )

Demikian kira kita ucapan ayah saya yang sering beliau tanamkan kepada saya dan saudara saudara saya. Beliau menggambarkan bahwa anak laki laki itu bagaikan sebatang pohon singkong, sedangkan anak wanita itu bagaikan gelas kaca.

Sebatang dahan singkong walau dibanting dan dibanting bahkan dicampakkan begitu saja, maka batang singkong dapat tumbuh dan menghasilkan buahnya.

Berbeda dengan gelas kaca, alih alih dibanting, salah mengisinya saja bisa menyebabkannya pecah, apalagi dibanting atau dijatuhkan. Dan bila pecah maka sangat sulit atau bahkan rasa rasanya mustahil bisa menyatukannya kembali

Kala itu saya acuh tak acuh dengan petuah beliau, namun demikian karena petuah itu sering diulang ulang, maka tanpa sadar tertanam juga dalam pikiran saya.

Sekarang, setelah saya merasakan sedikit dari apa yang dahulu dirasakan oleh kedua orang tua, saya baru bisa menangkap maksud dari pesan beliau. Karena itu saya ingin berbagi, semoga dengan demikian, saya turut menebarkan ilmu yang beliau tanamkan pada diri saya.

Kini rasa kawatir dan was was mulai menggelayuti pikiran setiap kali memikirkan bagaimana dan seperti apa harus mendidik anak anak perempuan saya. Berbeda halnya ketika saya memikirkan pendidikan anak lelaki saya, perasaan lebih terasa sejuk dan pikiran jauh lebih tenang.

Mungkin ini salah satu hikmah yang dapat kita petik dari besarnya pahala yang Allah siapkan untuk orang orang tua yang berhasil mengantarkan putri putrinya ke surga.

من عال جاريتين حتى تبلغا، جاء يوم القيامة أنا وهو» وضم أصابعه

Siapapun yang menafkahi dan mendidik dua orang anak wanita hingga mereka dewasa, maka kelak pada hari qiyamat aku akan bersandingan dengannya seperti ini, selanjutnya beliau menyandingkan kedua jarinya. ( Muslim )

Ya Allah jadikanlah putra putriku orang orang sholeh dan jadikanlah petuah di atas sebagai bagian dari ilmu yang diwariskan oleh kedua orang tuaku, dan mterus mengalirkan pahala untuk keduanya hingga akhir zaman. Amiin.

Oleh: Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dangkel Telo & Gelas Koco ( Batang Singkong & Gelas Koco )"

Catat Ulasan