FOKUS PADA 3 PILAR USAHA

Setidaknya ada 3 pilar kerelasian yang harus diperhatikan dan senantiasa dijaga agar organisasi bisnis yang kita bangun bisa lebih berkembang,…

1. Konsumen (relasi depan)
2. Suplier atau distributor (relasi belakang)
3. Karyawan (relasi dalam)

Kita sebagai pelaku usaha harus selalu berpredikat “Trust” nyaman dan bisa dipercaya.
Kita sering terjebak pada bagaimana memuaskan pelanggan semata, namun lupa terhadap pilar yang lain. Mitos “ pembeli adalah raja “ perlu di reposisikan secara tepat karena mereka bukanlah raja namun hanyalah 1 diantara mitra pilar itu.

Untuk pilar suplier, beberapa pelaku usaha justru bangga bila bisa menumpuk dan mengulur-ulur invoice tagihan jatuh tempo serta berseloroh santai, “Afwan Ya Akhi.

Mereka kurang menjaga citra dan liquiditas bayarnya terhadap suplier. Hal tersebut membahayakan citra usahanya dan bisa juga menzalimi orang lain karena menghambat bahkan bisa mematikan bisnis pihak lain.

Adapaun terhadap pilar karyawan, mereka pelaku usaha sering lupa bahwa karyawan adalah aset hidup dan bukan alat semata. Mereka perlu dibina, di traine, dan diajak bicara. Karyawan seyogyanya diberi kesejahteraan yang layak, istilahnya “ work together and growth together “ kerja bersama dan tumbuh bersama.

Jika margin profit usaha meningkat maka insentif karyawanpun harus dilibatkan. Indikator suatu usaha itu sukses adalah tatkala orang-orang didalamnya juga sejahtera serta nyaman berproses bersama.

Semoga nukilan singkat ini bermanfaat bagi para pelaku usaha khususnya kalangan Ngajiwan (ikhwan pengajian)

*Amy Hanif, dalam Golden Steps To Be Moslempreneur.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "FOKUS PADA 3 PILAR USAHA"

Catat Ulasan