Mengharukan.

Setelah kaum muslimin berhasil mengalahkan kerajaan Persia, segera mereka mengirimkan rampasan perangnya kepada Amirul Mukminin Umar bin Al Khatthab. Diantara rampasan perang yang dikirimkan tersebut terdapat dua gelang dan mahkota raja Persia.

Setibanya di Madinah, sahabat Umar memanggil sahabat Suraqah bin Ju'tsum*, dan memberikan kedua gelang dan mahkota itu kepadanya untuk ia kenakan. Setelah Sahabat Suraqah mengenakannya, sahabat Umar berkata kepadanya: pekikkanlah takbir " ALLAHU AKBAR", Spontan sahabat Suraqah bin Malik memekikkan takbir " ALLAHU AKBAR".

Kembali sahabat Umar berkata: ucapkan pula:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي سَلَبَهُمَا مِنْ كِسْرَى بْنِ هُرْمُزَ وَأَلْبَسَهُمَا سُرَاقَةَ بْنَ جُعْشُمٍ أَعْرَابِيًّا مِنْ بَنِي مُدْلِجٍ 

Segala puji hanya milik Allah Yang telah merampas gelang dan mahkota ini dari Kisra bin Hurmuz dan kemudian memberikannya kepada Suraqah bin Ju'tsum; seorang arab badui dari Bani Mudlij".

Imam Syafii; berkomentar: Sahabat Umar memberikan kedua gelang dan mahkota itu kepada sahabat Suraqah karena Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pada suatu hari pernah berkata kepadanya: wahai Suraqah, seakan akan saat ini aku melihatmu sedang mengenakan kedua gelang dan mahkota Kisra." (As Sunan Al Kubra oleh Al Baihaqy 6/581)

Sobat, kisah di atas adalah salah satu karya besar Khalifah Umar bin Al Khatthab beserta pasukannya, yaitu berhasil menundukkan kerajaan Persia dan mengislamkan penduduknya. Dan ini pula yang menyebabkan anak keturunan bangsa persia hingga kini begitu benci dan tiada henti mengobarkan kebencian kepada sahabat Umar bin Al Khatthab.

*Suraqah bin malik bin ju'tsum

Oleh: Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

Postingan terkait: