Disaat Menyambut Tamu Istimewa

Sobat! Kira-kira apa yang anda lakukan ketika hendak menyambut tamu istimewa? Mungkinkah anda menyambutnya di kandang sapi sambil membersihkan kotoran sapi? Atau di pinggir got rumah sambil membersihkan got rumah anda? Atau mungkinkah anda menyambutnya di saat anda sedang bercucuran keringat karena usai bekerja keras sehingga dari badan anda tercium semerbak bau kecut keringat anda?

Saya yakin, anda tidak mungkin melakukan hal itu.

Dan bagaimanakah kira -kira sikap dan perasaan anda bila kedatangan tamu istimewa di saat anda sedang bergelut dengan lumpur got, atau sedang membersihkan kotoran hewan atau bercucuran keringat karena usai bekerja keras, atau bahkan mungkin juga sedang cekck dengan istri anda?

Anda malu, kikuk, dan kelabakan berusaha membenahi kondisi diri anda sebisa mungkin. Namun pernahkah anda membayangkan bagaimana perasaan dan sikap anda bila menyadari bahwa tamu istimewa yang datang adalah Malaikat Maut, disaat anda sedang bergelimang dalam dosa dan maksiat? Kira kira apa yang akan anda lakukan dan bagaimana pula perasaan anda kala itu? Allah Ta'ala berfirman:

حَتَّى إِذَا جَاء أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ {99} لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِن وَرَائِهِم بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh pada umur yang telah aku lewatkan/ tinggalkan. Sekali-kali tidak, sesungguhnya itu hanyalah perkataan yang ia ucapkan semata, sedangkan di hadapan mereka ada dinding pembatas sampai hari mereka dibangkitkan (AL Mukminun 99-100)

Betapa bahagianya anda bila pada saat menyambut tamu istimewa ini ada sedang mengucapkan kalimat Tauhid.

لا إله إلا الله

Tiada sesembahan yang pantas diibadahi selain Allah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلاَمِهِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barang siapa ucapan terakhirnya ialah LAA ILAHA ILLALLAHU, niscaya ia masuk surga. (Abu Dawud)

Ya Allah, jadikanlah ucapan terakhir kami di dunia ini ialah :

لا إله إلا الله

Tiada sesembahan yang pantas diibadahi selain Allah.

Amiin.

Oleh: Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

Postingan terkait: