Belajar BERSABAR Bersama Syeikhul Islam (Bag.6)

Hal keenam yang bisa membantu kita untuk bersabar menghadapi gangguan manusia adalah:

Dengan meyakini bahwa "balasan itu sesuai dengan jenis amalan", dan bahwa dirinya adalah seorang yang zalim dan banyak berdosa... bahwa orang yang memaafkan manusia; Allah akan memaafkan dosanya, dan orang yang mengampuni kesalahan manusia; Allah akan mengampuni kesalahannya.

Maka, apabila dia meyakini bahwa sikapnya memaafkan, melupakan kesalahan orang, dan berbuat baik kepada mereka yang mengganggunya, adalah sebab Allah melakukan hal yang sama terhadapnya, sehingga dengannya Allah akan memaafkannya, melupakan kesalahannya, dan memberikannya kebaikan walaupun dia banyak dosa... tentu dengan keyakinan seperti ini, dia akan mudah memaafkan dan bersabar atas gangguan orang terhadapnya.

Dan sungguh ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi orang yang menggunakan akalnya.

[Jami'ul Masa'il, 1/170].

----------

Intinya, jika ingin dosa-dosa Anda diampuni Allah, serta mendapatkan banyak kebaikan dan nikmat Allah meski Anda banyak salah... lakukanlah hal yang sama kepada manusia, banyaklah memaafkan mereka dan berikan kebaikan kepada mereka, walaupun mereka banyak salah kepada Anda... karena "balasan itu sesuai dengan amalan yang Anda lakukan".

Oleh: Ustadz Musyaffa' ad Dariny

Baca juga:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar BERSABAR Bersama Syeikhul Islam (Bag.6)"

Catat Ulasan