Salah Guna ...

Sobat! Anda pasti mengetahui bahwa Allah Ta'ala menciptakan dunia beserta isinya ini demi kepentingan hamba-hamba-Nya. Allah berfirman:
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُم مَّا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا
Dialah (Allah )yang telah menciptakan segala yang ada di bumi untuk kepentingan kalian. (Al Baqarah 29)

Namun demikian, bila anda salah menggunakan atau menempatkannya niscaya berbagai nikmat Allah itu bisa saja berubah menjadi siksa dan derita. Jarum jahit adalah salah satu contoh nikmat yang mungkin Allah berikan kepada anda,namun demikian bila anda salah meletakkannya sehingga diletakkan di atas kasur, niscaya bisa saja menjadi biang petaka bagi anda.

Rendang padang misalnya, terasa begitu lezat, namun bila anda salah meletakkannya bisa saja anda celaka. Kalau tidak percaya silahkan gosokkan rendang padang ke mata anda, niscaya terasa sedaaaap.

Demikian juga bila anda berlebihan menggunakan nikmat Allah, bisa saja mencelakakan anda.

Sepiring nasi lengkap dengan lauk pauknya yang lezat bisa saja nikmat Bagi anda, namun bila anda berlebihan dalam makan nasi dan lauk pauknya, bisa jadi anda celaka karenanya. Diare, mual mual, muntah-muntah atau paling kurang dalam jangka waktu tertentu anda mengidap berbagai penyakit, semisal gula, kolesterol dan lainnya.

Karena itu dalam segala urusan Islam mengajarkan anda agar sedang sedang saja dalam segala urusan, termasuk dalam urusan makan dan minum. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
كلوا، واشربوا، وتصدقوا، والبسوا، غير مخيلة، ولا سرف
Silahkan kalian, Makan, minum, bersedekah, dan berpakaian asalkan tanpa kesombongan dan berlebih-lebihan. (Ahmad dan lainnya)

By: Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

Postingan terkait: